BERESHIS 2
1Â Demikianlah HaShomayim dan Ha'Aretz selesai, dan semua tza'va mereka.Â
2Â Dan pada Yom HaShevi'i Elohim menyelesaikan pekerjaan-Nya yang telah Dia buat;Â dan Dia bersandar pada Yom HaShevi'i dari semua pekerjaan-Nya yang telah Dia buat.Â
3Vayevarech Elohim et Yom HaShevi'i, dan menetapkannya sebagai kadosh: karena itu di dalamnya shavat (Dia telah beristirahat) dari semua pekerjaan-Nya yang bara Elohim (diciptakan Gd) dan dibuat.Â
4Â Inilah yang diceritakan HaShomayim dan Ha'Aretz ketika diciptakan, di Yom bahwa Hashem Elohim membuat Eretz v'Shomayim,Â
5Dan setiap tanaman sadeh belum ada di ha'aretz, dan setiap ramuan sadeh belum yitzmach (bermunculan, TN Moshiach adalah Tzemach [Zakharyah 3: 8]);karena Hashem Elohim tidak menyebabkan hujan turun pada ha'aretz, dan tidak ada adam (manusia) la'avod (untuk menggarap, untuk bekerja) haadamah (tanah).Â
6Â Tetapi muncullah kabut dari ha'aretz, dan menyirami seluruh wajah adamah.Â
7Dan Hashem Elohim membentuk adam dari aphar min haadamah, dan menghembuskan napas ke dalam hidungnya sang nishmat chayyim;Â dan adam menjadi chayyah nefesh.Â
8Â Dan Hashem Elohim menanam gan (taman) di sebelah timur di Eden;Â dan di sana Dia menempatkan Adam yang telah Dia bentuk.Â
9Â Dan keluar dari adamah membuat Hashem Elohim muncul (TN, lihat ayat 5) kol etz (setiap pohon) yang menyenangkan untuk dilihat, dan mencari makanan;Â Etz HaChayyim (Pohon Kehidupan) juga di tengah-tengah Gan (taman), dan Etz HaDa'as Tov v'Rah (lihat 3:22, yaitu, mewakili otonomi moral; kontras Keluaran 9: 20-21 di mana Dvar Hashem adalah penuntun kehidupan, bahkan untuk orang bukan Yahudi).Â
10Â Dan nahar (sungai) mengalir dari Eden untuk menyirami Gan (taman);Â dan dari sana ia terbagi, dan menjadi empat hulu.Â
11Sem yang pertama adalah Pison;Â itulah yang berputar melalui kol eretz Chavilah, di mana ada zahav;Â
12Â Dan zahav negeri itu adalah tov;Â ada [batu permata] bedolach dan hashoham (batu permata) genap [TN: batu permata onyx ini digunakan dalam pembangunan Bigdei HaKodesh Kohen Gadol].Â
13Â Dan semir nahar kedua adalah Gihon;Â yang sama adalah bahwa angin melalui kol eretz Cush.Â
14 Dan syal dari nahar ketiga adalah Chiddekel (Tigris [lihat Daniel 10: 4]): itulah yang menuju ke timur Asyur. Dan nahar keempat adalah Efrat.Â
15Â Dan Hashem Elohim mengambil Adam dan menaruhnya di Gan Eden la'avod (untuk mengolahnya) dan membuatnya lebih tinggi darinya.
16Â Dan Hashem Elohim memerintahkan adam, dengan mengatakan, "Dari setiap et gan, engkau boleh makan dengan bebas;Â
17Â Tetapi dari Etz HaDa'as Tov v'Rah, kamu tidak boleh memakannya;Â karena di dalam kamu kamu memakannya kamu pasti mati.Â
18Â Dan Hashem Elohim berkata, "Bukan hanya adam yang harus sendirian;Â Aku akan menjadikannya seorang ezer (penolong) yang cocok untuknya.Â
19Â Dan dari adamah Hashem Elohim membentuk setiap binatang sadeh, dan setiap oph HaShomayim;Â dan membawa mereka kepada Adam untuk melihat apa yang akan dia beri nama mereka;Â dan apa pun adam bernama kol nefesh chayyah, itu shmo.Â
20Â Dan Adam memberikan shemot kepada semua behemah, dan untuk oph HaShomayim, dan untuk setiap binatang sadeh;Â tetapi bagi Adam tidak ada yang menemukan ezer untuknya.Â
21Â Dan Hashem Elohim menyebabkan tardemah (tidur nyenyak) menimpa kaum adam, dan dia tertidur;dan Dia mengambil dari salah satu tzalelot (sisi, tulang rusuknya), dan menutup basar di tempatnya;Â
22Â Dan tzela (tulang rusuk), yang diambil Hashem Elohim dari kaum adam, menjadikannya seorang isha, dan membawanya ke kaum adam.Â
23Â Dan Adam berkata, Ini sekarang etzem etzem saya, dan basar dari basar saya;Â dia akan dipanggil Isha, karena dia dibawa keluar dari Ish.Â
24Â Oleh karena itu seorang ish akan meninggalkan av-nya dan em-nya, dan akan bersatu dengan isha-nya, dan mereka akan menjadi basar echad.
25Â Dan mereka berdua arummim (yang telanjang), adam dan isha-nya, dan tidak malu.
2Â Dan pada Yom HaShevi'i Elohim menyelesaikan pekerjaan-Nya yang telah Dia buat;Â dan Dia bersandar pada Yom HaShevi'i dari semua pekerjaan-Nya yang telah Dia buat.Â
3Vayevarech Elohim et Yom HaShevi'i, dan menetapkannya sebagai kadosh: karena itu di dalamnya shavat (Dia telah beristirahat) dari semua pekerjaan-Nya yang bara Elohim (diciptakan Gd) dan dibuat.Â
4Â Inilah yang diceritakan HaShomayim dan Ha'Aretz ketika diciptakan, di Yom bahwa Hashem Elohim membuat Eretz v'Shomayim,Â
5Dan setiap tanaman sadeh belum ada di ha'aretz, dan setiap ramuan sadeh belum yitzmach (bermunculan, TN Moshiach adalah Tzemach [Zakharyah 3: 8]);karena Hashem Elohim tidak menyebabkan hujan turun pada ha'aretz, dan tidak ada adam (manusia) la'avod (untuk menggarap, untuk bekerja) haadamah (tanah).Â
6Â Tetapi muncullah kabut dari ha'aretz, dan menyirami seluruh wajah adamah.Â
7Dan Hashem Elohim membentuk adam dari aphar min haadamah, dan menghembuskan napas ke dalam hidungnya sang nishmat chayyim;Â dan adam menjadi chayyah nefesh.Â
8Â Dan Hashem Elohim menanam gan (taman) di sebelah timur di Eden;Â dan di sana Dia menempatkan Adam yang telah Dia bentuk.Â
9Â Dan keluar dari adamah membuat Hashem Elohim muncul (TN, lihat ayat 5) kol etz (setiap pohon) yang menyenangkan untuk dilihat, dan mencari makanan;Â Etz HaChayyim (Pohon Kehidupan) juga di tengah-tengah Gan (taman), dan Etz HaDa'as Tov v'Rah (lihat 3:22, yaitu, mewakili otonomi moral; kontras Keluaran 9: 20-21 di mana Dvar Hashem adalah penuntun kehidupan, bahkan untuk orang bukan Yahudi).Â
10Â Dan nahar (sungai) mengalir dari Eden untuk menyirami Gan (taman);Â dan dari sana ia terbagi, dan menjadi empat hulu.Â
11Sem yang pertama adalah Pison;Â itulah yang berputar melalui kol eretz Chavilah, di mana ada zahav;Â
12Â Dan zahav negeri itu adalah tov;Â ada [batu permata] bedolach dan hashoham (batu permata) genap [TN: batu permata onyx ini digunakan dalam pembangunan Bigdei HaKodesh Kohen Gadol].Â
13Â Dan semir nahar kedua adalah Gihon;Â yang sama adalah bahwa angin melalui kol eretz Cush.Â
14 Dan syal dari nahar ketiga adalah Chiddekel (Tigris [lihat Daniel 10: 4]): itulah yang menuju ke timur Asyur. Dan nahar keempat adalah Efrat.Â
15Â Dan Hashem Elohim mengambil Adam dan menaruhnya di Gan Eden la'avod (untuk mengolahnya) dan membuatnya lebih tinggi darinya.
16Â Dan Hashem Elohim memerintahkan adam, dengan mengatakan, "Dari setiap et gan, engkau boleh makan dengan bebas;Â
17Â Tetapi dari Etz HaDa'as Tov v'Rah, kamu tidak boleh memakannya;Â karena di dalam kamu kamu memakannya kamu pasti mati.Â
18Â Dan Hashem Elohim berkata, "Bukan hanya adam yang harus sendirian;Â Aku akan menjadikannya seorang ezer (penolong) yang cocok untuknya.Â
19Â Dan dari adamah Hashem Elohim membentuk setiap binatang sadeh, dan setiap oph HaShomayim;Â dan membawa mereka kepada Adam untuk melihat apa yang akan dia beri nama mereka;Â dan apa pun adam bernama kol nefesh chayyah, itu shmo.Â
20Â Dan Adam memberikan shemot kepada semua behemah, dan untuk oph HaShomayim, dan untuk setiap binatang sadeh;Â tetapi bagi Adam tidak ada yang menemukan ezer untuknya.Â
21Â Dan Hashem Elohim menyebabkan tardemah (tidur nyenyak) menimpa kaum adam, dan dia tertidur;dan Dia mengambil dari salah satu tzalelot (sisi, tulang rusuknya), dan menutup basar di tempatnya;Â
22Â Dan tzela (tulang rusuk), yang diambil Hashem Elohim dari kaum adam, menjadikannya seorang isha, dan membawanya ke kaum adam.Â
23Â Dan Adam berkata, Ini sekarang etzem etzem saya, dan basar dari basar saya;Â dia akan dipanggil Isha, karena dia dibawa keluar dari Ish.Â
24Â Oleh karena itu seorang ish akan meninggalkan av-nya dan em-nya, dan akan bersatu dengan isha-nya, dan mereka akan menjadi basar echad.
25Â Dan mereka berdua arummim (yang telanjang), adam dan isha-nya, dan tidak malu.