Dialek Sub Etnis Nage-Muatan Lokal

BAHASA DAERAH

1. KITA ATA

Kita ata, Ga’e Dewa ta weo. Imu weo ne’e ta ana haki, ne’e ta fai ga’e. Imu polu pagha pu’u ‘osa ka’o ma’u jeka mata. Kita lowa pu’u ‘ana ‘eno, hoga laki, bu’e nuwa, jeka gesu, jeka ‘ame ka’e ne’e bupu ga’e, jeka mata, tama walo tuka ko’o ine kita.

[ Manusia diciptakan oleh Tuhan. Dia menciptakan laki-laki dan perempuan. Dia memelihara kita sejak baru lahir, jadi pemuda dan pemudi, jadi dewasa, sampai menjadi kakek dan nenek, sampai kita meninggal. Kembali ke rahim ibunda.

meninggal bagi orang Nagekeo artinya kembali ke rahim ibunda ].


2.PAKE PELA/PAKE WEKI

Kita ata ngusa ne’e pake pela? pake weki. Pake weki ke ne’e hoba tau luka ne’e ta tau tago. Ana haki ne’e tali ege tau mege. Ne’e kodo labu. Ne’e sada tau luka ne’e ta tau bhago. Ana haki ne’e be , fai ga’e ne’e bola ‘oka tau bheka bako, nata, heu, suku tali ne’e ‘ana wea. Ana haki mege ne’e codi, fai ga’e ne’e tudhi ‘ena bola ‘oka. Codi tau kema ghawo, tudhi tau sako se. Ana haki dhu na ne’e boku ‘ulu. Li nge’e ana haki fai gae pake ne’e cakelake zale ‘one.

[ PAKAIAN

Manusia harus mengenakan pakaian. Pakaian itu ada kain untuk selimut dan diikatkankan dipinggang. Laki-laki ada ikat pinggang. Ada baju baik perempuan maupun laki-laki. Ada lelendang untuk selimut. Laki-laki ada bere, demikianpun perempuan untuk tempat tembakao/rokok dan sirih pinang, uang dan emas. Laki-laki ada parang yang diikat dipinggang, dan perempuan ada pisau yang disimpan di bere. Parang unuk bekerja dan pisau unuk mengupas dan memotong. Laki-laki kadang-kadang memakai ikat kepala. Zaman sekarang perempuan dan laki-laki memakai celana dalam ].


3.POA SA/SA MEGA

Kita kita ata, mona meza me’a. Kita muzi ne’e ‘ine ‘ame, ne’e ka’e azi, ne’e ‘ulu ‘eko padhi bi. Uzu bhia ke kita ngusa papa ‘uku ‘ada. Uku ada ta noa-noa ke papa sa mega. Ngaza uka ata ta so’o ka’e ‘ame, ngusa sa mega. Pu’u poa, mega so “poa”. Kisa leza mega so “leza”. ‘Ola heku/nuka mega so “heku”. ‘Ola kobe mega so “kobe”. Ena zala papa sa mega, mo’o kono keka-sa’o ata ngusa ne’e poa sa. Ngaza uka ‘ana haki ta so’o ka’e, kita mega so,”Leza ‘Ema”. Bhia ke mogha kita uka ne’e ta io kita ngusa geta “leza ‘ine, leza ka’e, leza “azi,

Leza doa, leza miu, leza kau. ‘Ola poa, ‘ola heku, ‘ola kobe latu bhia ke. Kita mo’o gedho gena, la’a loza ngusa mozo mea. Bhia so nga’o la’a kole, nga’o dua kole. Manga ta io wai kita ngusa be’o.

[ TEGUR SAPA

Kita manusia tidak hidup sendiri. Kita hidup bersama Bapak, Ibu, kakak, adik, dan tetangga. Karena itu kita harus saling menghargai. Saling menghargai yang paling gampang ialah saling bertebur sapa. Kalau bertemu orang yang lebih tua harus bertegur sapa. Pagi-pagi kita katakan “selamat siang”. Siang hari kita katakan “selamat siang”. Senja/sore hari kita katakan “selamat sore”. Malam hari kita katakan “selamat malam”. Di jalan kita bertegur sapa, mau masuk di pondok/rumah orang kita harus bertegur sapa. Kalau bertemu laki-laki yang lebih tua kita sapa.”Selamat pagi Bapak”. Begitu juga kita berjumpa dengan yang lain kita sapa juga,”Selamat siang Ibu, Selamat siang kakak, Selamat siang adik, selamat siang teman, selamat siang untuk kamu semua, selamat siang untukmu. Pagi, sore atau malam juga begitu. Kita mau keluar rumah atau bepergian kita juga haru pamit. Umpamanya “saya pergi dulu”, saya ke kebun dulu. Dan lain-lain tujuan dan keperluan yang kita harus tahu ]


4. SA’O TEDA

Imo kita ‘ata ngusa ne’e sa’o teda. ‘Ena ‘one sa’o teda, ne’e ‘ame ‘ebu, ne’e ‘ine ‘ebu, ne’e ine, ne’e ‘ame, ne’e ka’e, ne’e ‘azi. Dhu na ne’e ‘ine mame, ne’e ta’u ‘ame. Ne’e ka’e ‘azi ta meza ‘oko. Demu ke ‘ata punu so ‘ena toko teda li’e sa’o. Ne’e wali ta ‘ata punu so sa sa’o meze teda lewa.


[ KELUARGA
Semua manusia memiliki keluarga/rumah tangga. Dalam keluarga ada kakek, nenek, bapak, ibu, kakak, adik. Kadang-kadang ada tanta dan om. Mereka itu dikatakan satu rumah tangga atau satu keluarga. Adalagi yang disebut rumpun keluarga ata keluarga besar ]



5. SAO

Ata ta ne’e sa’o teda ngusa ne’e  sao.Pu’u nebu sa’o ata Nagekeo ke sa’o tolo. Tau wai koo kaju, bheto ne’e ta ghubu wai ki. Sa’o ne’e posa, ne’e tenga, ne’e ledha, ne’e naja, ne’e kebi, ne’e ghubu. Sa’o tolo ke ne’e teda ‘eno tau simo ngo’e ngene. Ne’e teda meze, tau nalo ka, punu ana, mene nade me’a ngo’e ngene. Ne’e zeta tolo tau pedhe ubha, ne’e mene nade muzi meza toto sa’o. Li nge’e sa.o tolo mona negha. Imo iwu meza ‘ena sa’o watu. Ngaza-ngaza dhu la’e ‘ena ‘one sa’o wai peka Bahasa Indonesia.

[ RUMAH

Orang berkeluarga harus memiliki rumah. Zaman dahulu rumah orang Nagekeo adalah rumah panggung. Dibuat dari bahan kayu, bambu dan atapnya dari alang-alang. Rumah ada tiang, ada kayu palang dari tiang ke tiang, ada bambu yang dipasang memalang kayu palang untuk penahan pelupuh lantai rumah, ada pelupuh sebagai lantai rumah, ada dinding dan ada atap.

Rumah panggung itu bagian-bagiannya ada yang untuk terima tamu, ada yang untuk makan keluarga, untuk pembicaraan/perundingan keluarga, dan untuk menginap para tamu. Ada bagian untuk masak, dan tempat tidur atau tempat tinggal keluarga. Zaman sekarang rumah panggung sudah tidak ada. Semua orang tinggal di rumah batu. Nama ruangan di dalam rumah batu disebut dalam bahasa Indonesia ].



[ KELUARGA

Semua manusia memiliki keluarga/rumah tangga. Dalam keluarga ada kakek, nenek, bapak, ibu, kakak, adik. Kadang-kadang ada tanta dan om. Mereka itu dikatakan satu rumah tangga atau satu keluarga. Adalagi yang disebut rumpun keluarga ata keluarga besar ]


6. BOA-‘OLA

Ata weo sa’o ‘ena ‘one bo’a ‘ola. Weo bo’a ‘ola ngusa ne’e ta titi du’e toa koba. Ngaza weo bo’a ‘ola ‘ena tolo tana wawo watu ‘ata, ngusa ne’e pai ‘oa ‘ena ‘ata ta moi tana watu. Titi du’e toa koba negha we’e toka bo’a ‘ona ‘ola. Negha ta kena we’e tau ‘uku ‘ada pa toka su’a. Bo’a ‘ola ne’e ‘ulu ‘eko. Ne’e zele ‘ulu, ne’e zili eko. Ne’e padhi mena ne’e padi zale. Uzu ne’e ko’o bo’a ‘ola kita ngala punu so ‘ulu pulu ‘eko pongo, kani padhi ne’e wesa meta. “Ena ‘one ko’o bo’a ‘ola ngusa ne’e ta wuku ‘ulu ‘enga ‘eko.

[ KAMPUNG

Orang membangun rumah di dalam kampung. Membangun perkampungan harus ada orang yang mengawali dan merintis untuk membabat hutan dan belukar. Kalau membangun perkampungan di lahan milik orang maka harus minta izin kepada pemilik lahan. Sesudah perintisan dan pembabatan hutan belukar barulah dilaksanakan pembangunan kampung. Sesudah itu baru buat upacara pengresmian kampung.Perkampungan harus ada ujung dan pangkalnya. Ada baris rumah yang berhadapan. Tata kampung seperti ini yang menyebabkan ada persatuan dalam kampung dan kehidupan bertetangga yang baik dan harmonis. Dalam perkampungan harus ada pemimpin ]


7. PA TOKA SU’A

Dhuju nama ta mo’o tau waja ko’o bo’a ‘ola ta we’e ‘osa tau. ‘Ena ta pa toka su’a ‘ata pa ne’e bhada wela ne’e wawi. Bhada ke geze zoze tau mata,  pegho ta heko sa papa negha wi ghili bo’a, ta a mo’o basa imo ‘ulu ‘eko bo’a, padhi mena ne’e padhi zale. A bhada dhaga latu sa eno ghao  ne’e ae boko nio, siba kao lago ghili bo’a. Negha ta kena siba mula ne’e boti zele ‘ulu sa esa, ‘ena kisau bo’a sa ‘esa, ne’e zili ‘eko sa ‘esa. Ena one boti kobhe latu a bhada ta ghao negha ne’e ae nio.  Imo toto bo’a  ne’e ‘ata ta moni neni pesa poza ka ta latu jeka zebu. ‘Ulu Bhada ne’e kage wawi ti’i ‘ena ta moi tana watu. Ngaza ti’i peka ‘ulu kage ‘ena ta moi tana watu, ata punu so “’ulu ne subhu, kage ne sabhe. Sua ne ma’e tei, waga ne ma’e aka, jeka pebe ‘ebu na’a ‘ana”. Ata pu’u nebu punu so ngaza pa toka su’a negha, bo’a ne gesu. De ta pa toka sua ne’e latu teke dhegha tau bana ko bo’a ‘ola ta muzi.Ngaza pa toka su’a negha, bo’a ‘ola ta ke ngala tau buku gua, ngala seda mane, ngala kolu sewu. ‘Ata mata e’e ngala tane moi ‘ena wewa sa’o, ne’e kabho sa’o ‘ena ‘one bo’a. Nge’e ‘ada tana ‘ena ko’o bo’a ‘ola ta pu’u nebu. Nge’e ne woso ne’e kapling, ‘ata mata tane nama wewa sa’o ko mona tane ‘ena “Pekuburan Umum”.

[ UPACARA PENGRESMIAN KAMPUNG

Upacara untuk meresmikan perkampungan yang baru dibangun. Ketika upacara pengresmian kampung, maka dilakukan pemotongan kerbau dan babi. Kerbau itu sebelum disembelih, dipotong salah satu kaki belakangnya lalu ditarik keliling kampung agar darahnya yang menetes membasahi seluruh kampung.

Disusul dengan perecikan air kelapa muda yang sudah dicampur darah kerbau keliling kampung. Sesudah itu dilakukan penanaman botol yang di dalamnya sudah diisi darah kerbau yang dicampur dengan air kelapa muda.

Semua warga kampung dan orang yang menyaksikan peristiwa adat itu makan daging kerbau dan daging babi sampai habis. Kepala kerbau dan rahang babi diserahkan kepada pemilik tanah. Bila kepala kerbau dan rahang babi sudah diserahkan maka kampung tersebut telah resmi dan tidak akan diganggugugat lagi oleh siapapun sampai ke anak cucu. Orang zaman dahulu mengatakan kampung yang sudah diresmikan dengan pemotongan kerbau dan babi disebut kampung yang sudah “dewasa”. Kampung yang sudah diresmikan secara adat maka di kampung itu boleh dilakukan upacara adat, bisa menenun, dan bisa melakukan pewarnaan benang. Orang yang meninggal bisa dimakamkan di depan rumah atau di samping rumah. Ini aturan dan norma adat di perkampungan adat. Sekarang ini sudah ada kapling-kapling sehingga orang dikuburkan di kaplingnya atau di Pekuburan Umum ]


8.MOSA LAKI

Pu’u tua ma mona nuka, kita dia Nagekeo ngaza ana ko’o mosa laki ke ana ko’o dhi nuzu. Pu’u nebu na de, “pemerintah” ma mona, “Agama” ma mona, kita ata ne’e ta mosa laki, ne’e ta ho’o heo’. Bholo li nge’e, tua ne nuka, kita negha ne’e “Pemerintah”, negha be’o ko’o “Agama” ‘ola he bhia pu’u nebu ne’e ta ho’o, ne’e ta mosa laki mona negha. Nge’e kita be’o tuga ko’o ka’e azi tolo sa’o, ili woe ne’e ‘ana ‘ena tolo sa’o.

Mosa laki li nge’e ke mosa laki ta tau wuku ‘ulu ‘enga ‘eko ta kita punu so mosa bo’a ne’e laki ‘ola. Mosa laki ta tau babho pata pele nabu gusu gasa gole gena, kita punu so mosa wiwi laki lema. Mosa laki ta ne’e tana meze watu lewa, demu ta ine tana ‘ame watu kita punu so mosa tana laki watu. Mosa laki ta ne’e bhada wea kita punu so mosa bhada laki laki wea. Mosa laki ta fucu meze ko’o kema ghawo kita punu so mosa kema laki ghawo. Mosa laki ta tau ‘edi pata pele ‘ena ta tau ngawu de ta pasa wai laki weki kita punu so bheto lewa tali nao

Bholo mosa laki be’o-be’o latu ngaza mosa laki ngai zede mona modhe ata aki tame so mosa o’a laki wawi. Ngaza kema ghawo tolo tau, mona be’o ko’o ‘uku ‘ada ‘ata tame so mosa mona laki bha’i, mosa mona leki gedhe.

[ BANGSAWAN ATAU PEMIMPIN

Ketika Belanda belum masuk di Nagekeo, kita di Nagekeo ketika berbicara tenang kebangsawanan berarti kita berbicara tentang keturunan. Pada zaman dahulu kala ketika belum ada pemerinah dan agama kita mengenal manusia ada yang bangsawan dan ada yang hamba sahaya. Tetapi zaman sekarang ketika sudah ada pemerintah, ketika kita sudah mengenal agama pemikiran seperti zaman dahulu ada bangsawan dan ada hamba  sahaya tidak ada lagi. Bangsawan/Mosa laki zaman sekarang adalah mereka yang berfungsi mengatur kehidupan warga dalam kampung yang kita namakan pemimpin dalam kampung. Mosa laki yang menyelesaikan perselisihan antar warga dalam kampung kita namakan mosalaki yang pandai bicara. Mosalaki yang adalah pemilik tanah. Mosa laki yang memiliki kerbau dan emas. Mosalaki yang pekerja keras. Mosalaki yang jadi perantara atau juru bicara pada acara perkawinan adat. Tetapi mosa laki harus hati-hati dan jaga tingkah lakunya. Mosa laki yang perangainya buruk bisa diumpamakan dengan mosa laki untuk kera dan babi. Mosa laki yang tingkah lakunya kurang baik dianggap tidak sebagai mosalaki ].


9. BUKU GUA

Imo Kita ‘ata Nagekeo, ge-ge bo’a. ge-ge ili woe be’o ne’e buku gua ne’e ngusa tau ko’o buku gua. Buku gua ke bapo bhela. Buku gua ta gena ‘ena weki kita ‘ata ne’e buku gua ta gena ‘ena ili woe kita, ena bo’a ‘ola kia. Ngaza kita mo’o tau buku gua, wunga-wunga kita ngusa be’o ne’e wula dala imu. Ngaza wula ne tuga dala ne saze, kita dhuju buku nama nete. Ngaza dhuju mo dhu nama mo’o aka kita ngusa pebe welu ti’i ka pati ‘inu ‘ena dewa zeta ga’e zale, ‘ena ‘ine ‘ame, ‘ebu kajo ta mata ulu wa’u muzi. Ngaza kita mo’o tau buku gua kita he latu ne’e ta moni neni, ne’e ana iwu ta go pai laba enga. Kita latu ngusa ti’i ka pati ‘inu. Kita tau ne’e jedhe ja’i ne’e teke dhegha.

[
UPACARA ADAT

Semua orang Nagekeo, setiap kampung, seiap suku memiliki dan mengetahui dan harus melaksanakan upacara adat. Upacara adat itu bermacam-macam. Ada upacara adat yang berkaitan dengan manusia dan ada upacara adat yang berkaitan dengan suku dan perkampungan. Upacara adat ada waktunya yang diatur berdasarkan peredaran bulan. Kalau bulannya sudah sesuai dengan perhitungan maka manusia melaksanakan upacara adat. Agar upacara ada berjalan baik dan lancar maka ada ritual persembahan kepada Tuhan dan memberi makan leluhur yang sudah meninggal. Kalau kita melakukan upacara adat harus memperhatikan mereka yang daang nonton karena mendengar panggilan gong gendang. Juga mereka yang datang untuk menari bersama dan tandak bersama. Para tamu ini harus diberi makan. ]


10. BUKU GUA TA GENA ‘ENA WEKI KITA ‘ATA

Buku gua ta gena ‘’ena weki kita ‘ata, latu ne’e teda bhela ‘imu. Pu’u ta ka’o ma’u, hoga ‘ulu, ‘ana ta fai ga’e koa ngi’I, ‘ana ta ‘ana haki gedho logo, pasa fai laki wei, tau ‘ae, boka mata le e’e.

UPACARA ADAT YANG BERKAITAN DENGAN MANUSIA

[ Upacara adat yang berkaitan dengan manusia ada tahapan-tahapannya. Sejak dari kelahiran bayi, cukur rambut. Anak perempuan ada potong gigi, anak laki-laki sunat, pernikahan, pendewasaan dan kematian, ]